Apakah yang dimaksud dengan Web

Apakah-yang-dimaksud-dengan-web

Perkembangan dunia internet semakin maju, dan saya yakin anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata website, dan anda sering mengunjungi website setiap hari.

Google, Twitter, facebook, Bukalapak, tokopedia, Lazada, dll. Yap!…Saat anda membuka itu semua, baik dari desktop atau Smartphone, saat itu anda sudah dikatakan telah membuka sebuah website.

Mungkin kita sudah banyak berinteraksi dengan website, tapi ada saja orang yang tidak mengetahui bahwa itu semua adalah website. Dan pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang pengertian website, sejarah, jenis, dan manfaat sebuah website.

Apa itu Website ?

Website adalah kumpulan halaman dari suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu, dan saling berhubungan antar halaman. Website bisa diakses secara luas melalui home page, atau tempat berkumpulnya semua halaman dari website itu sendiri.

Sebagai contoh https://pintarwebsite.com, jika anda mengakses url tersebut anda akan dibawa ke dalam halaman depan atau home page dari website kami yaitu pintarwebsite.com.

Sejarah Website

Website dibuat oleh Tim Berners lee pada tahun akhir 1980 dan resmi online pada tahun 1991. Tujuan awal website dibuat oleh penciptanya adalah agar peneliti di tempat Berners lee bisa lebih mudah bertukar dan melakukan suatu perubahan informasi.

Selain dimiliki oleh perusahaan dan organisasi, website juga bisa dimiliki oleh individu. Dalam suatu website biasanya hanya membahas satu topik saja. Tapi banyak sekarang website yang membahas banyak topik dalam satu website.

Unsur Website

Unsur website yaitu sesuatu yang harus ada dalam website. Jika salah satu unsur tidak ada, website anda tidak akan bisa diakses di internet. Dan berikut adalah unsur-unsur tersebut:

1. Domain. Jika diibaratkan website adalah sebuah produk, maka domain adalah brand/merk dari produk tersebut. Dan usahakan untuk mencari nama domain yang menarik serta pendek. Karena agar pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi website kita. Dan nama domain yang pendek bertujuan agar lebih mudah diingat oleh pengunjung yang ingin kembali mengunjungi website kita.

2. Hosting. Kalau website diibaratkan sebagai produk dan domain adalah brandnya. Maka Hosting adalah tempat membuat produknya. Jadi disini anda harus mencari hosting yang tepat, yaitu yang sesuai kapastitas kebutuhan, dan juga memiliki kecepatan yang bagus saat diakses.

3. Konten. Konten merupakan sesuatu yang ingin dibahas atau disampaikan dalam website. Karena kita ingin membuat website yang berisi artikel, maka belajarlah untuk membuat artikel yang berkualitas dan bagus. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang bersifat informatif ( Memberikan Informasi ) dan Solutif ( Memberi Solusi ) atas masalah yang dihadapi visitor/pembaca.

Jenis-Jenis Website

Setiap website dibuat dengan tujuan tertentu, jadi karena perbedaan tujuan tersebut website dibagi menjadi beberapa jenis, dan berikut ini adalah jenis-jenis website yang bisa anda ketahui.

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah website yang di miliki secara pribadi oleh seseorang dan dia mempunyai hak dan kuasa penuh atas website yang dimilikinya. Ada banyak platform atau layanan gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat website pribadi, seperti wordpress.com dan blogspot.com.

Disini anda hanya tinggal membuat nama website sesuai keinginan anda, dan karena menggunakan layanan gratis maka setiap nama website anda akan ada embel-embel layanan tersebut dibelakangnya. Misalnya, makan.blogspot.com dan lain-lain.

Tapi menurut saran saya lebih baik anda membuat website dengan mengunakan platform/layanan berbayar. Karena website yang dibuat dengan platform gratis tidak bisa full akses dan sangat terbatas resourcenya.

Sedangkan website yang dibuat dengan platform berbayar itu lebih custom dan full akses. Maksutnya anda akan memiliki banyak fitur dan akses yang tidak terbatas, dan ini bisa membuat website anda mendapat penilaian lebih baik dari Google untuk meningkatkan peringkat website.

2. Website Toko Online

Seiring dengan berkembangnya teknologi internet banyak para pedagang yang mencoba untuk berjualan secara online. Mereka biasanya menggunakan website toko online seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain-lain.

Website toko online merupakan sebuah website yang digunakan untuk jualan. Karena didalamnya berisi tentang produk yang siap dijual. Biasanya didalam suatu website toko online berisi tentang gambar, deskripsi, serta review sebuah produk.

Dan hebatnya untuk mulai berjualan secara online anda tidak harus membuat website toko online sendiri lho…..

Untuk berjualan dengan website toko online anda bisa dengan mudah bergabung dengan cara membuka toko di tokopedia, bukalapak, dan situs lainnya seperti diatas. Dengan begitu anda tidak usah repot repot mikir buat website sendiri hehehe…

3. Blog

Blog merupakan sebuah website yang biasanya berisi tentang artikel yang bertujuan untuk berbagi informasi, pengetahuan, dan ide. Terkadang ada blog yang berisi pengalaman seorang penulis blog tersebut, ada juga yang berisi berita.

Misalnya pintarwebsite.com merupakan sebuah website yang berisi informasi tentang Tips Sukses Ngeblog untuk para blogger pemula. Dan kami selalu memposting artikel baru yang bermanfaat buat anda semua 2 x dalam seminggu.

Manfaat Website

Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan adanya website. Kita bisa mengakses media sosial dengan mudah melalui website, bisa berbelanja lewat website, dan juga kita bisa mendapatkan informasi yang kita cari melalui website.

Manfaat website tidak hanya itu saja, masih ada banyak manfaat website lainnya yang bisa anda pelajari dibawah ini:

1. Membangun Brand

Dengan mempunyai website anda bisa memperkuat brand anda jika anda seorang penjual. Misal kita punya website pribadi, anda bisa membagikan foto beserta penjelasan produk terbaik yang siap untuk dijual. Dengan begitu calon pembeli akan tertarik dan semakin yakin terhadap jualan anda.

Jika calon pembeli sudah yakin terhadap jualan/produk anda, ia tidak akan malas untuk membagikan website anda melalui media sosial miliknya. Dan dari sinilah Brand anda menjadi besar dan dikenal oleh banyak orang.

2. Berbagi Informasi dan Cerita

Jika anda mempunyai sebuah informasi atau pengetahuan, anda bisa membagikan pengetahuan anda melalui website. Dan selain pengetahuan anda juga bisa membagikan cerita atau kejadian dalam hidup anda yang sangat mengesankan buat anda.

Misalnya anda pernah nembak cewek lalu anda ditolak dan nangis hehehe…..Biar nggak hilang, apa salahnya jika itu semua anda tulis dalam sebuah website. Ya kan?…dan dengan begitu hal-hal yang mengesankan dalam hidup anda bisa dikenang sampai ke anak cucu.

3. Menghasilkan Uang

Website adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet lho…Misal anda menggunakan website anda untuk endorse, afiliasi, atau daftar Google Adsense.

Setiap website memang berbeda-beda cara untuk mendapatkan uang. Ada yang dengan cara afiliasi, nah website ini biasanya merupakan website besar milik perusahaan yang ingin meningkatkan penjualannya.

Ada juga website yang menghasilkan uang dari progam Google Adsense. Nah, kalau website seperti ini biasanya website pribadi yang kebanyakan berisi tentang informasi, panduan dan review produk.

Mudahnya Membuat Website

Oke, saya yakin anda sudah mengerti semuanya tentang website. Tapi masih banyak saja orang yang menganggap untuk membuat website itu cukup sulit, jawabannya ” tidak “.

Mungkin banyak orang yang mengira membuat website itu memerlukan skill html dan juga coding. Tidak seperti itu Ferguso!…Sekarang website bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan wordpress.

Jadi itu sangat simpel sekali, anda hanya tinggal browsing di Google dan mengikuti panduan cara membuat website dengan wordpress. Dan saya berharap anda mau mencoba kesuksesan anda dengan mempunyai sebuah website.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *