Belajar SEO

Belajar-SEO
Belajar SEO

SEO pada halaman ( On-Page SEO ) adalah faktor yang sangat penting dari optimasi mesin pencari yang membantu Anda dalam mendapatkan hasil yang tepat. Dengan membuat beberapa penyesuaian dalam faktor-faktor seperti judul, deskripsi meta, tag heading, konten halaman web, dan internal link; Anda dapat mendukung inisiatif Off-Page SEO Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Saat Anda mengedit situs web atau blog, ada dua faktor penting yang sedang bekerja:

  • On-page optimization
  • Off-page optimization

Optimasi Off-page adalah tentang mengoptimalkan faktor-faktor yang berada di luar situs web Anda – seperti backlink. Dan on-page adalah lebih lanjut tentang meningkatkan berbagai aspek tentang struktur internal situs web Anda.

Mengapa Anda perlu optimasi halaman untuk situs web Anda?

Jawaban untuk pertanyaan ini terletak pada pertanyaan lain – Mengapa Anda mendapatkan peringkat di Google tanpa terlepas dari membangun backlink dan banyak upaya SEO lainnya?

Ketika Anda mengoptimalkan postingan atau halaman web, ada beberapa teknik yang harus Anda ikuti untuk peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Google mempertimbangkan banyak faktor seperti sinyal media sosial, backlink, otoritas domain, keamanan situs web, kecepatan situs web, dan optimasi pada halaman web atau postingan sebelum memeringkatnya.

Tujuan melakukan optimasi pada halaman adalah untuk mengoptimalkan konten secara cerdas sehingga mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi judul dan subjek halaman untuk mengarahkan lalu lintas trafik ke website Anda.

Berikut adalah beberapa teknik SEO yang sangat penting yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih baik di tahun 2020:

1. Meta Title

Tag judul meta menjadi salah satu faktor terpenting dari optimasi di halaman. Dengan mendefinisikan judul meta, Anda memberi tahu mesin pencari tentang semua halaman itu. Ini adalah judul yang ditampilkan dalam hasil mesin pencari; oleh karena itu, semakin menarik tagnya, semakin banyak orang akan mengkliknya dan dengan demikian halaman situs web Anda akan peringkat lebih baik.

Merupakan praktik yang baik untuk menggunakan kata kunci utama atau frasa kata kunci di awal tag; jika itu tidak dapat dilakukan, pastikan kata kunci Anda dimasukkan dengan benar dalam judul.

Pastikan Anda tidak mengulangi kata kunci yang sama lebih dari satu kali di tag judul; itu tidak akan ada gunanya dalam hal membuat peringkat artikel lebih tinggi. Bahkan, itu sebenarnya dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Tag judul Anda harus hanya 65 karakter.

2. Meta Description

Mirip dengan tag judul, penting juga untuk menambahkan deskripsi meta yang sesuai. Deskripsi halaman web Anda harus relevan dan unik. Anda harus menggunakan kata kunci yang ditargetkan dalam deskripsi meta juga.

Deskripsi meta yang Anda tambahkan ditampilkan di bawah judul halaman web Anda di hasil mesin pencari. Orang-orang akan dapat memahami halaman web dan mereka akan mengklik halaman tersebut jika mereka menemukan deskripsi yang menarik, jadi pastikan untuk menambahkan yang terbaik.

Meta Description Anda harus antara 50-160 karakter dan jelas.

Ketika datang ke Meta Keywords, tag ini digunakan sebelumnya tetapi sekarang Google telah mengklarifikasi bahwa kata kunci yang didefinisikan tidak akan dipertimbangkan; karena itu Anda harus menahan diri untuk tidak menambahkan tag meta keywords.

3. Post Permalink Structure

Sangat penting untuk memastikan bahwa URL semua halaman web Anda ditampilkan dengan benar. Sekali lagi penting untuk menggunakan kata kunci target Anda di URL juga. Jangan menggunakan simbol, karakter khusus, koma, tanda kurung dll di URL.

Anda dapat menggunakan tanda hubung untuk membedakan antara kata-kata dalam struktur URL Anda. Ini dikenal sebagai permalink ‘cantik’ dan lebih disukai oleh sebagian besar browser web.

4. Heading Tags

Tag Heading digunakan untuk memperjelas berbagai postingan dan poin-poin penting dalam postingan. Jika Anda menggunakan WordPress, tag Headingnya dalah H1 sementara Anda dapat menggunakan H2 dan H3 untuk sub-judul dan poin.

Jangan menggunakan terlalu banyak tag H2 dan H3 karena hal ini bisa memperburuk peringkat anda di mesin pencari.

5. Keyword Density

Ini adalah salah satu faktor terpenting. Anda harus secara cerdas menambahkan kata kunci dengan cara yang tidak mengganggu aliran alami konten dan Anda tidak boleh memadati terlalu banyak kata kunci dalam satu halaman. Kepadatan kata kunci yang ideal adalah sekitar 1,5% dengan kombinasi kata kunci LSI. Namun, tidak ada peraturan yang jelas tentang jumlah kata kunci yang Anda harus atau tidak boleh gunakan.
Anda dapat mempertimbangkan penggunaan kata kunci membantu mesin pencari mengetahui lebih banyak tentang halaman web Anda. Kata kunci utama Anda harus muncul sekali dalam paragraf utama Anda dan sekali lagi pada paragraf terakhir. Jika Anda menggunakan kata kunci dalam konten, pastikan itu masuk akal dan jangan pernah memasukkan kata kunci sembarangan dalam konten anda.
6. Images
Jika semua gambar halaman web atau posting blog Anda dioptimalkan dengan sempurna, mesin google akan membantu dalam mengarahkan lebih banyak lalu lintas melalui pencarian gambar. Pertama-tama, penting untuk menggunakan gambar-gambar yang tersedia secara bebas dan jangan menggunakan gambar-gambar umum di Google karena mereka dapat membuat masalah hak cipta.
Setelah Anda menyelesaikan gambar, masukkan judul kecil di bagian title judul meta ’dan masukkan kata kunci terkait di bagian‘ teks alternatif ’. Ini membantu dalam membuat konten keseluruhan Anda lebih fokus dan tertarget.
Gambar secara visual lebih menarik dan dapat mengundang perhatian pengguna untuk waktu yang lebih lama. Karena itu, pastikan Anda menggunakan gambar yang relevan dan menarik.
Penting juga untuk mengompres gambar sebelum Anda menggunakannya di situs web Anda. Gambar yang dikompres bisa menjadi lebih ringan dan itu semua dilakukan agar tidak membuat loading website anda menjadi berat dan lemot.
7. Jumlah Kata Untuk Setiap Posting / Halaman
Sebagian besar studi dan penelitian menunjukkan jumlah posting berbeda-beda tetapi idealnya posting Anda harus berkisar antara 700 – 2500 kata. Saat Anda menganalisis konten yang menempati peringkat di halaman pertama Google, Anda akan tahu bahwa mereka memiliki jumlah kata yang lebih tinggi dan ada satu alasan lagi yang penting dibalik peringkat mereka – mereka cocok dengan maksud pencari!
Posting yang memiliki jumlah kata lebih tinggi menunjukkan bahwa penulis atau situs web tempat penerbitannya memiliki kedalaman informasi yang mengesankan tentang topik itu. Posting blog yang lebih kecil umumnya dianggap kurang informatif. Idealnya Anda harus membuat postingan dengan jumlah posting setidaknya 1300!
Sebelum Anda mulai membuat konten, ada baiknya Anda menganalisis postingan lain yang kata kuncinya sama dengan kata kunci yang Anda gunakan.
8. Add Schema
Menambahkan skema atau data terstruktur adalah teknik SEO yang kurang dimanfaatkan yang dapat digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Melalui Skema, mesin pencari dapat memiliki pemahaman yang mendalam tentang konten Anda.
Misalnya, jika Anda telah menyebutkan nomor kontak dan alamat Anda di footer situs web Anda, ini jelas informasi penting bagi pengunjung situs web Anda; Namun, mesin pencari mungkin tidak dapat memahaminya. Anda dapat memberikan makna dan relevansi dengan informasi kontak Anda dengan menggunakan Skema.
Skema dapat digunakan untuk situs web bisnis dan artikel blog juga. Dibawah ini adalah manfaat menambahkan Skema alam website anda:
  • Ini akan membantu mesin pencari untuk memahami konten Anda.
  • Tingkatkan kehadiran merek melalui grafik pengetahuan lengkap.
  • Dapatkan hasil kaya yang menarik perhatian untuk meningkatkan RKT.
  • Jadikan situs web Anda memenuhi syarat untuk fitur SERP agar web anda selalu muncul dihasil pencarian google.
  • Jadikan situs web Anda memenuhi syarat untuk pencarian suara, Google Assistant, dan Alexa.
  • Tampilkan bukti sosial situs web Anda di Google.

9. Page Loading Speed

Memastikan kecepatan pemuatan halaman yang baik juga merupakan faktor optimasi penting pada halaman. Jika halaman web Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dimuat, pengguna tidak akan menunggu untuk waktu yang lama dan Google juga tidak akan menyukai situs web Anda. Kecepatan pemuatan halaman yang baik adalah faktor penting untuk menentukan peringkat situs web. Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pemuatan halaman website:

  • Pastikan situs web Anda didukung dengan platform hosting web yang efisien. Hosting web yang tangguh dengan sumber daya dan fitur yang memadai akan memastikan bahwa semua halaman situs web Anda memuat lebih cepat meskipun pada saat itu trafik website anda sedang meningkat.
  • Manfaatkan jaringan pengiriman konten. Ketika Anda menggunakan CDN, halaman situs web Anda dilayani dari lokasi yang terdekat dengan lokasi pengguna yang mengakses halaman web. Dan Hasilnya, halaman web anda bisa dimuat lebih cepat.
  • Aktifkan cache browser, karena menyimpan versi cache dari sumber daya statis, ini adalah proses penting yang bisa mempercepat waktu pemuatan halaman secara luar biasa.
  • Perkecil skrip Java dan CSS. Ketika Anda menghapus ruang ekstra, jeda baris yang tidak perlu, proses penguraian, pengunduhan, dan pelaksanaan akan menjadi lebih cepat.

Ketika peringkat website anda sudah tinggi, teruslah untuk memposting artikel yang berkualitas buat pembaca/pengunjung. Dan jadikan situs web Anda SEO-friendly dengan optimasi halaman yang sempurna!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *