Cara Riset Keyword dengan Benar dan Akurat

3 min read

Trik Riset keyword memang dicari oleh banyak blogger untuk menaikkan ranking website mereka. Tetapi apakah anda tau, ada rahasia besar yang belum anda ketahui tentang riset keyword yang sebenarnya.

Cara-Riset-Keyword-dengan-Benar-dan-AkuratPada umumnya jika kita melakukan riset keyword pasti yang menjadi fokus utama kita adalah search volume pencarian, CPC, dan tingkat kesulitan keyword. Tetapi pada artikel ini saya akan mengajak anda untuk melakukan riset keyword dengan akurat sesuai panduan para pakar SEO blogger.

Cara Riset Keyword dengan Benar dan Akurat

A. Search Intent

Riset Keyword memang bukan tentang volume pencarian. Saya bahkan akan berpendapat bahwa ini bukan sepenuhnya tentang volume pencarian.

Ini tentang memilih topik yang sesuai dengan apa yang dicari oleh user, dan kita harus mengetahui maksud user dalam mengetikkan keyword tersebut.

Dan disini kita harus berfikir untuk mencari keyword yang tepat dalam membuat konten, agar konten yg kita buat bisa sesuai dengan apa yang dicari oleh user.

Baca Juga: Pengertian dan manfaat Guest Post

Tetapi sebelum itu, saya akan mengajak anda untuk mengetahui beberapa jenis kata kunci /keyword agar riset yang anda lakukan semakin akurat dan mantap.

B. Jenis Jensi Keyword

1. Keyword Informasi : keyword yang diketik oleh user dengan tujuan ingin mendapatkan informasi tertentu. Misal, “Bagaimana cara memperbaiki hp yang rusak?”. Dan keyword informasi ini juga sangat penting, karena dari sinilah kita bisa mengubah seorang pengunjung blog menjadi pelanggan, jika kita memang membuat sebuah website jual beli.

2. Keyword Navigasi : keyword yang memang seorang visitor sudah mengetahui akan keyword itu. Misalnya “hp oppo a37” Kebanyakan keyword seperti ini mengandung brand atau merek suatu produk tertentu.

3. Keyword Komersial : Keyword ini adalah keyword yang dipakai untuk sebuah penyelidikan, pembanding, atau review pengunjung blog yang ingin membeli suatu produk. Dan disini anda harus membuat keyword yang menarik seorang pembaca misal, “hp oppo terbaik 2020″. Intinya buatlah keyword yang bisa menarik pembaca.

4. Keyword transaksional : Keyword ini adalah keyword pembelian, artinya user yg mengetikkan keyword ini berarti akan membeli sebuah produk. Misal, ” Beli laptop Asus” Dan disini seorang pengunjung akan mulai membeli sebuah produk.

C. Keyword Tambahan

Setelah anda mengetahui search intent dan jenis keyword, anda bisa mulai melakukan riset keyword dengan cara menambahkan beberapa kata pada keyword yang akan anda bidik. Ini berfungsi agar lebih menarik dan cocok dengan hasil pencarian user. Dan disini saya tidak terlalu berfokus pada tingkat kesulitan keyword dan cpc. Tetapi, saya hanya berfokus pada besarnya volume pencarian dan search intent saja.

Misal saya membidik sebuah keyword ” Cara Riset Keyword”, Saya pasti akan menambahkan kata tersebut menjadi ” Cara Riset Keyword dengan Baik dan Benar”. Ini semua saya lakukan agar lebih sesuai dengan maksud pencarian. Tetapi untuk url artikel, saya buat pendek misalnya “Cara Riset Keyword” agar mesin pencari google lebih mudah melakukan index pada website kita.

D. Analisa Kompetitor

Setelah anda mengerti dengan tiga hal diatas, sekarang saatnya anda untuk melihat website kompetitor anda dengan beberapa spesifikasi dibawah ini:

  • Lihat pada domain rating, jika website kompetitor anda mempunyai domain rating 80-90 mungkin anda harus berjuang keras agar bisa bersaing pada keyword tersebut. Tetapi ini bukan berarti tidak bisa ya!… Dan saran saya anda bisa mencari keyword dengan kompetitor yang mempunyai nilai domain rating rendah.
  • Refering Domain, ini menunjukkan berapa domain atau website yang memperkuat website kompetitor anda, dan disini usahakan kompetitor dengan refering domain rendah agar lebih mudah untuk bersaing.
  • Usia Domain, dalam mencari keyword yang tepat pastikan kompetitor keyword tersebut bukan domain yang berusia lama, sebab website yang berusia lama kedudukannya bisa sangat kuat dalam pandangan google, dan sangat sulit untuk digeser peringkatnya.

Baiklah, sekian yang bisa saya sampaikan mengenai cara riset keyword dengan benar dan akurat. Setiap orang memang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam riset keyword, dan anda bebas memilih cara mana saja yang anda sukai.

Dan saya berharap dengan adanya informasi diatas bisa menjawab kesulitan anda tentang riset keyword. Dan teruslah belajar, berusaha, dan jangan berhenti untuk mencoba. Sebab tidak ada hasil yang menghianati sebuah proses, terima kasih.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *