Riset Keyword untuk SEO

Riset keyword memang menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia SEO Website. Tapi masih banyak blogger pemula diluar sana yang tidak mengerti tentang cara riset keyword yang baik dan benar.

riset-keyword-untuk-SEO

Dan hasilnya website mereka tidak mendapatkan pengunjung dari Google, dan akhirnya hal yang saya khawatirkan terjadi, yaitu mereka mulai putus asa dan berhenti untuk melanjutkan belajar didunia website.

Hal itu adalah hal yang sering terjadi dalam dunia blogger, dan saya tidak ingin itu terjadi pada anda semua. Maka dari itu saya membuat artikel tentang riset keyword ini agar anda bisa mengerti tentang apa itu riset keyword.

Apa itu Riset Keyword?

Riset Keyword adalah kegiatan mencari kata kunci yang bagus untuk dibuat konten dalam sebuah website. Dan dalam riset keyword juga tidak boleh sembarangan, sebab jika anda melakukan riset dengan tidak berhati-hati, website anda tidak akan mendapatkan pengunjung.

Dan dibawah ini saya akan memberikan panduan riset keyword yang benar buat anda semua, agar ketika anda melakukan riset keyword tidak sampai terjadi kesalahan.

Panduan Riset Keyword

1. Tentukan Niche / topik

Dalam menentukan niche, anda bisa menggunakan referensi dari Google Trends, twitter, reddit, dan juga sosial media yg lain. Usahakan untuk mencari niche yang sangat trend dan berpotensi menghasilkan trafik banyak buat website.

2. Mencari benih keyword

Setelah menemukan niche yang tepat, anda bisa mencari benih keywordnya. Anda bisa menggunakan tool seperti ubersuggest, ahref, semrush, dan yang lain-lain. Tapi untuk pemula saya merekomendasikan ubersuggest, karena tool ini gratis.

Indikator dalam mencari keyword:

  • Cari keyword yang volume pencariannya minimal 500 perbulan
  • Cari keyword yang cpc minimal 1 dollar
  • Dan juga cari keyword yang low competition / SEO Difficulty nya rendah misal 10.

3. Analisa Persaingan

Setelah menemukan benih keyword yang bagus, anda bisa mulai menganalisa tingkat persaingan tersebut dengan cara mengetikkan 1 contoh keyword dan lihat website seperti apa yang ada di page one Google dengan tool MOZ atau seoquake, dan lain-lain.

Indikator analisa persaingan:

  • Lihatlah jumlah backlink pesaing
  • Lihatlah DA dan PA pesaing
  • Lihatlah domain score pesaing
  • Dan hindari website otoriter seperti wikipedia dan lain-lain.

#. Note: Untuk jumlah backlink, DA dan PA, dan domain score, semakin tinggi angkanya menunjukkan persaingan semakin sulit.

Baiklah semoga dengan adanya informasi tentang riset keyword diatas bisa membuat anda lebih mengerti tentang apa itu riset keyword, dan tentunya saya juga berharap dengan adanya informasi tersebut bisa menambah kesuksesan anda dalam dunia website.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *